Sistem Kelistrikan Spedah Motor Terbagi Menjadi 2
1. Sistem Kelistrikan Arus AC ( Alternating Current ).
Arus AC disebut dengan arus bolak-balik, arus yang
dikeluarkannya tidak tetap atau berubah-ubah besar dan arahnya.
2. Sistem Kelistrikan Arus DC ( Direct Current ).
Arus searah dan tetap, Arus ini sering di aplikasikan
sebagai pengisian & penyimpanan daya pada Baterai.
Warna Kabel Kelistrikan Motor Honda
•
Biru – Kuning :
Pulser Motor
•
Hitam – Putih :
Kunci Kontak
•
Hitam – Kuning :
Arus ke Koil
•
Hijau – Kuning :
Lampu Rem
•
Coklat : Lampu Kota
•
Putih : Lampu Jarak
Dekat
•
Biru : Lampu Jarak
Jauh
•
Oranye : Lampu Sein
Kiri
•
Biru Muda : Lampu
Sein Kanan
•
Merah : 12 Volt (+)
•
Hijau : Massa (-)
Magnet
Membangkitkan daya listrik, magnet dilengkapi 2 spul.
Spul adalah lilitan kawat email yang memiliki ukuran tertentu tergantung dari
arus listrik yang di perlukan.
Spul Terbagi menjadi 2 Jenis.
- Untuk Sistem
Kelistrikan Lampu & Sistem Pengisian Baterai
- Untuk Sistem
Kelistrikan Mesin/Pengapian Menuju ke CDI
Pulser
Cara Kerja, Mengatur waktu
pengapian, kepada CDI untuk segera memantikan listrik yang dirubah menjadi Api
oleh Busi. Yaitu untuk membakar bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar /
Ruang Kompresi.
Pulser merupakan Besi magnet
dililit kawat tembaga halus bila ada benda – benda besi di tempelkan pada ujung
pulser dan ditarik secara terus menerus maka ujung dari pulser akan mengalir
listrik.
Ciri – Ciri Masalah Pulser
- Sulit menyala
Mesin ( Perangkat Lain Normal ).
- Mirip Kasusnya
Seperti CDI ( Kalau Belum Rusak maka Mesin masih mau Menyala. Namun, Akan
Pincang atau menyala tidak Normal ).
CDI ( Capacitor Discharge Ignition )
Merupakan Sistem Kelistrikan AC, Kabel CDI ada 6, 2
Ground, Terpakai hanya 1. Dan 1 lagi cadangan.
- Hijau : Untuk
Body / Ground
- Hitam – Merah :
Spul menuju CDI
- Biru – Kuning :
Pulser Menuju CDI
- Hitam – Kuning :
CDI Menuju Coil melalui kabel Primer kemudian Kabel Skunder dan sampai ke
Busi.
- Hitam – Putih :
Kontak, Memutus dan menghubungkan kembali Kelistrikan CDI.
Ciri-Ciri CDI Bermasalah
- Mesin Tidak
Menyala.
- Mesin Menyala,
Namun Tidak Normal.
- Suara Mesin
Pincang / Tidak Normal.
- Tiba – Tiba Mesin
Mati.
COIL / Ignition Coil
Merupakan Sebuah Komponen
yang penting, yang dapat mempengaruhi kualitas pembakaran & besar kecilnya
percikan bunga api.
Ciri – Ciri Coil
bermasalah
- Percikan Bunga
api pada Busi Warna Merah, Seharusnya Warna Biru.
- Percikkan Bunga
Api Pendek.
- Busi Sering Mati/
Seringkali Diganti.
- Mesin Tersendat,
saat putaran mesin Tinggi.
- Mesin Sulit
dinyalakan.
- Mesin Mendadak
Mati.
BUSI
Ciri – Ciri Busi Bermasalah :
- Keluar Api Kecil
- Warna Merah,
terkadang ada Api.
- Dalam Perjalanan
Tiba – Tiba Mesin Mati.
Demikian yang dapat kami share untuk kalian semua. Semoga informasi yang kami share ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua
No comments:
Post a Comment