Prinsip Kerja pada Kompresor
Kompresor merupakan sebuah alat yang memang di pergunakan unruk pemampat atau pengkompresi udara. Sehingga pada kompresor ini akan sebagai dari penghasil udara mampat. Hal ini dikarenakan pada proses pemampatan, pada udara mempunyai tekanan yang memang akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tekanan yang terdapat dari udara luar (1atm). Di dalam keseharian, kalian akan sudah pasti sering yang namanya memanfaatkan udara mampat baik yang secara sadar maupun secara tidak sadar.
Contohnya, adalah udara mampat yang memang telah dipergunakan untuk mengisi ban dari sebuah kendaraan, lalu memompa bola. Udara yang telah mampat juga akan dipergunakan untuk membersihkan bagian-bagian pada sebuah mesin yang kotor.
Kalau untuk industri, dildalam penggunaan kompresor merupakan sebuah hal yang memang sangat penting, baik sebagai dari penghasil udara tekan. Kompresor juga telah banyak dipakai untuk mesin pneumatik, namun dalam menjadi satu dengan mesin yaitu pada bagian dari turbin gas, mesin pendingin dan lain sebagainya.
Dan Contoh kompresor yang sederhana, adalah berupa pompa ban pada kendaraan, prinsip kerja pada kompresor adalah sebagai berikut. Pada torak pompa yang sudah ditarik keatas, maka pada tekanan di bawah silinder akan langsung turun sampai di bawah tekanan pada umumnya yaitu 1 atmosfer maka pada udara akan masuk langsung melalui celah katup hisap yang memang kendur. Katup ini telah terbuat dari kulit yang sifatnya lentur, dan juga dapat mengencang serta mengendur, lalu dipasang pada torak. Setelah itu udara yang masuk pada pompa kemudian torak turun kebawah dan akan langsung menekan udara, sehingga pada volumenya akan menjadi kecil.
Tekanan akan menjadi naik terus sampai melebihi pada tekanan yang terdapat di dalam ban, maka udara mampat akan dapat masuk menuju ke ban melalui katup (pentil). Karena diisi udara mampat secara terus menerus, maka tekanan yang terdapat di dalam ban menjadi naik. Sudah sangat jelas, pada proses pemampatan, hal ini terjadi karena perubahan pada volume udara yaitu menjadi lebih kecil dari pada kondisi awalnya.
Kompresor yang digunakan sebagai penghasil udara tekan yang memang di peruntukan untuk keperluan pembersih pada kotoran dan juga pengisi ban pada kendaraan. Prinsip kerjanya sama saja dengan pompa ban yang biasanya, yaitu dengan memampatkan udara di bagian dalam silinder dengan torak. Perbedaanya juga terlihat jelas dari letak pada katupnya, kedua katup telah dipasang dikepala silinder, dan juga tenaga penggeraknya adalah dari motor listrik. Tangki udara ini memiliki sebuah fungsi sama dengan ban yaitu sebagai penyimpan energi udara tekan.
Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian Semoga informasi yang kami sampaikan untuk kalian dapat bermanfaat.
Terima Kasih
ReplyDelete